Powered By Blogger

Rabu, 30 Desember 2009

tentang Jurnalis

Tentang Media Bersama
Mediabersama.com adalah situs jurnalisme warga yang menghimpun, mengelola dan menyebarkan berbagai informasi penting dari dan untuk publik. Tujuan utamanya, selain untuk mengimbangi dominasi informasi media-media mainstream, mengisi item-item infomasi yang tidak diberitakan oleh media-media mainstream, juga untuk melibatkan publik dalam memproduksi informasi dan pengetahuan yang berguna bagi publik itu sendiri. Ketergantungan publik terhadap pemberitaan media akan memperlebar ruang hegemoni, dari atas ke bawah. Suka atau tidak suka, publik harus menerimanya sebagai kebenaran. Padahal media juga mempunyai kecenderungan salah.

Kelahiran Mediabersama.com berawal dari pembicaraan beberapa orang peserta diskusi online Rumahkiri.net sekitar akhir tahun 2007. Gagasan yang berkembang waktu itu tidak secara khusus diarahkan untuk membangun situs jurnalisme warga, tapi menyadari pentingnya keberadaan media alternatif progresif yang dikelola sungguh-sungguh dan menggunakan prinsip-prinsip jurnalisme.

Kelemahan media-media alternatif yang ada justru ada pada penyajian, tata bahasa yang tidak populer, sehingga pesannya sulit dicerna oleh publik. Padahal materi-materi yang dimuat di media alternatif banyak yang jauh lebih penting ketimbang rumor di parlemen atau pidato politik yang mengumbar janji. Prinsip jurnalisme (akurat, faktual, bertanggungjawab, dan memenuhi unsur 5W+1H—What, Who,When, Where, Why dan How) sangat penting untuk menanamkan kepercayaan publik.
Melihat pesatnya teknologi juga perlu kita manfaatkan. Daya jangkau luas, efisien dan bisa melibatkan publik untuk memproduksi berita, dasar bagi tumbuhnya jurnalisme warga. Tentunya dengan semaksimal mungkin memberi pemahaman kepada publik pentingnya membuat berita dari apa yang dialami dan dilihat serta menyuarakan aspirasi, pendapat dan ide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar